|
Target audience dan target market: 1. Definisi Target market adalah sekelompok orang yang ditargetkan untuk dijangkau dengan kegiatan pemasaran. Sedangkan, target audience adalah segmen atau kelompok dalam pasar sasaran yang lebih spesifik untuk disuguhi iklan. 2. Ruang lingkup Menurut Rockcontent, target market adalah sekelompok orang dengan demografis yang sama seperti usia, ras, jenis kelamin, etnis, pendapatan, pendidikan, status perkawinan, pekerjaan, dan lokasi. Sedangkan, menurut Marketing Evolution, target audiens dapat disegmentasi lebih dalam dibandingkan target arket.
Beberapa segmentasi yang dimaksud meliputi referensi, niat membeli, minat, hingga subkultur. Dengan kata lain, ruang lingkup target market lebih umum sedangkan target audience lebih spesifik. Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis bengkel otomotif dan Lists Of Mobile Number List modifikasi motor sport bertempat di Jakarta. Maka, target market-mu adalah pria berusia 28-45 tahun yang berlokasi di Jakarta, sementara target audiens produkmu adalah orang pehobi motor sport. 3. Potensi jadi pembeli Sebenarnya, keduanya berpotensi untuk menjadi pembeli.
Namun, target audiens memiliki karakteristik yang lebih spesifik sehingga potensi terjadinya konversi lebih besar. Selain itu, target audience umumnya memiliki kesadaran untuk membeli produk, sedangkan target pasar belum tentu melakukan pembelian. Tentukan Target Audiensmu Sebelum Mulai Berbisnis! Menentukan target audience adalah suatu keharusan sebelum memulai bisnis, terlebih bisnis online.Pasalnya, target audiens merupakan fondasi terpenting dalam segala upaya pemasaran dan memengaruhi pertumbuhan bisnismu. Jika kamu tidak menentukannya dari awal, maka sulit untuk membangun strategi pemasaran yang efektif.
|
|